Liga 1: Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 'Home Sweet Home' Persib

By ommed


nusakini.com - Persib Bandung akhirnya memutuskan untuk kembali ke rumah ideal mereka, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk mengarungi Liga 1 musim 2022/23.

Dua tahun lamanya Bobotoh tidak bisa memberikan dukungan secara langsung kepada tim kesayangan mereka karena pandemi COVID-19.

Meski belum sempurna, namun sejumlah pembenahan dan perbaikan sudah disiapkan untuk menjadikan stadion berkapasitas 38.000 penonton itu markas yang nyaman, tak cuma bagi klub tapi juga para pecinta Maung Bandung.


Kembali menggunakan stadion GBLA sebagai venue kandang akan sangat berarti bagi Persib, karena akan lebih mendekatkan mereka dengan tempat asal mereka di kota Bandung.

"Bukan tanpa sebuah alasan kami menilai GBLA ideal jadi homebase Persib, sebab sejarah mencatat bahwa Persib Bandung adalah sebuah klub yang lahir dan besar dari kota Bandung sehingga Persib juga harus bermarkas dan bermain di kota Bandung," kata Teddy Tjahjono, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), dalam rilis pers.

"Tak ada alasan lain bagi Persib untuk tidak menjadikan stadion GBLA sebagai homebase. Karena, pengelolaan secara profesional juga akan dilakukan sepenuhnya oleh Persib," lanjutnya.

"Mohon dukungan dan doanya kepada seluruh Bobotoh, agar Persib di musim yang baru ini dapat memberikan hasil yang positif dengan menunjukan kualitas permainan yang optimal serta maksimal, dan tidak lupa juga Persib mengucapkan sampai bertemu kembali di dalam dan di luar stadion."



Bagi Teddy, kembalinya Persib bermain di kota kelahiran mereka tak cuma sekadar mengembalikan hiburan bagi masyarakat kota kembang tapi juga kebanggaan.

Karena sejak tak lagi bermarkas di Stadion Siliwangi yang juga terletak di dalam kota Bandung, Persib lebih banyak memakai stadion di luar wilayah mereka.

"Stadion tidak hanya sebuah tempat untuk berlangsungnya pertandingan sepakbola. Lebih dari itu, datang ke stadion merupakan sebuah kebanggaan, karena menjadi sebuah kegiatan sakral bertemunya sesama supporter dalam mendukung tim kebanggaan dalam sebuah momen pertandingan," ujarnya.

"Semangat itu juga yang dimiliki Persib, sebagai salah satu klub sepakbola professional di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1933 dalam menunjuk Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai homebase untuk mengarungi kompetisi Liga 1 tahun 2022/2023 yang akan digelar dalam waktu dekat ini dan untuk beberapa musim kedepan." (gi/om)